Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

Test Kenaikan Sabuk Putih


Para Warga Tim Penguji
Kenaikan Sabuk Putih 
BalamCity,05/09/15--,Sebagai salah satu tahapan yang harus dilalui oleh siswa PSHT adalah mengikuti tes kenaikan sabuk. Di PSHT ada 4 (empat) jenis sabuk yakni Polos (hitam), Jambon, Hijau dan Putih. Masing-masing jenis sabuk ini membedakan tingkatan siswa, utamanya dalam penguasaan materi. Kenaikan sabuk dilakukan tiap tahap jika materi yang diberikan telah lengkap. Pada tanggal 14 Juni 2015, dilakukan tes kenaikan sabuk putih. Peserta tes kenaikan sabuk ini adalah semua pemengang sabuk hijau yang telah memenuhi segala persyaratan baik materi maupun administrasi. Pelaksanaan kegiatan tes sabuk ini dilakukan di Rayon Fakultas Ushuludin IAIN Raden Intan Bandar Lampung, dengan penanggung jawab kegiatan Fauzan, M.Ag (Warga PSHT tk 1). Menurut Fauzan, untuk test kenaikan sabuk kali ini diikuti oleh sebanyak 90 siswa hijau dari semua ranting dan komisariat yang ada di lingkungan PSHT Bandar Lampung.  
Dari 90 peserta siswa yang ikut tes ada beberapa yang dinyatakan tidak lulus dengan berbagai alasan yakni: tidak hafal materi dan tidak hadir. Tes ulang dilakukan pada 17 Juni 2015 dan semua peserta dinyatakan lulus. Ke 90 siswa putih inilah yang dapat disahkan sebagai anggota PSHT Bandar Lampung setelah melalui serangkaian kegiatan wajib yakni: latihan bersama, tes warga, pendadaran dan pengesahan (wisuda). Kenaikan Sabuk Putih ini dilaksanakan oleh Panitia Tes Kenaikan Sabuk yang terdiri dari para warga yang berasal dari unsur pengurus cabang maupun pengurus dan pelatihan di setiap komisariat dan ranting PSHT Bandar Lampung. Menurut Ir. Edy Sunyoto (Warga PSHT Tk II), Ketua Cabang PSHT Bandar Lampung, pada tahun ini siswa putih yang akan disahkan menjadi Warga PSHT Tk I bertambah dua kali lipat dari tahun sebelumnya (2014). Hal ini merupakan hasil dari rekrutan siswa oleh para pelatih di masing-masing tempat latihan di Bandar Lampung. Saat ini ada 9 tempat latihan PSHT di Bandar Lampung yang dapat diakses oleh masyarakat yang ingin bergabung, yakni:
1.       Komisariat Universitas Lampung
2.       Komisariat IAIN
3.       Komisariat Teknokrat
4.       Ranting Gedung Meneng (SMK 2 Mei)
5.       Ranting Labuhan Dalam (SMAN 13)
6.       Ranting Kemiling (Ponpes)
7.       Ranting Sukarame (SMK BLK)

Selain itu juga ada tempat latihan di sekitar Bandarlampung yang bergabung dengan PSHT Bandar Lampung yakni: Ranting Natar dan Ranting Jatiagung (Lampung Selatan). (*EBS)




Posting Komentar

0 Komentar