Update

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

LATIHAN BERSAMA (1)



Persamaan Senam Siswa Putih
PSHT Bandar Lampung
Balam City, 30/8/15. PSHT merupakan organisasi pencak silat Indonesia yang telah dikenal masyarakat dan menjadi anggota IPSI (Ikatan Pencak Silat Indonesia). Setiap tahunnya ribuan anggota baru PSHT yang disebut Warga disahkan menjadi anggota resmi PSHT. Para warga ini memiliki peran dan tanggung jawab yang besar untuk mengembangkan organisasi PSHT dimanapun dia berada. Di propinsi Lampung sendiri tidak kurang 4000 orang warga baru disahkan sebagai anggota PSHT. Untuk menjadi seorang Warga PSHT seseorang harus mengikuti berbagai latihan baik fisik maupun non fisik (kerohanian). Saat latihan mereka disebut Siswa PSHT. Pada saat latihan ini ada beberapa tahapan yang harus dijalani dan setiap tahapan ditandai dengan warna sabuk: Polos (hitam), Jambon, Hijau dan Putih. Siswa Polos hanya mendapatkan teknik-teknik dasar pencak silat seperti tendangan dasar, pukulan dan hindaran serta beberapa senam dan jurus yang sangat dasar dalam PSHT. Sedangkan untuk Siswa Putih telah mendapatkan semua materi pencak silat dan teknik-teknik beladiri tingkat tinggi dan juga kerohanian, kecuali jurus kunci. Tidak mudah untuk menjadi siswa putih. Berbagai kegiatan PSHT yang sangat padat harus diikuti mulai dari latihan bersama, tes warga, pendadaran, pengesahan (wisuda).

Salah satu kegiatan yang harus diikuti oleh siswa putih adalah latihan bersama. Kegiatan persamaan ini sangat penting mengingat para siswa putih yang telah disahkan menjadi warga akan diberi tanggung jawab untuk melatih siswa-siswa baru PSHT lainnya setidaknya untuk satu periode berikutnya. Oleh karena itu dengan adanya persamaan ini, maka diharapkan materi-materi yang disampaikannya kelak tidak mengalami perubahan dan sesuai dengan hasil keputusan terakhir PSHT Pusat. Latihan bersama pada tahun 2015 ini akan dilaksanakan sebanyak 8 kali termasuk tes warga dan pendadaran. Tempat Latihan dilaksanakan di setiap tempat latihan yang ada di di Bandar Lampung secara bergiliran. Ada beberapa tempat latihan di luar Bandar Lampung yang bergabung dengan cabang Bandar Lampung karena alasan kedekatan lokasi yakni Ranting Natar dan Ranting Jati Agung Lampung Selatan.
Pada hari Minggu, 30 Agustus 2015 telah dilaksanakan latihan perdana di Lapangan Ushuludin IAIN Raden Intan Bandarlampung mulai pukul 08.00 sampai dengan pukul 17.30 WIB. Latihan berjalan dengan lancar tanpa halangan sedikitpun. Siswa yang hadir sebanyak 60 orang. Pada latihan bersama perdana ini dihadiri oleh ranting dan komisariat PSHT Cabang Bandarlampung yakni: Universitas Lampung, Polinela, IAIN, SMK BLK, SMK 2 Mei, SMAN 13 Bandar Lampung, Kemiling, Jatimulyo, Karanganyar, Sumberjaya dan Natar. Menurut Sekretaris Cabang PSHT Bandar Lampung Fauzan, latihan ini merupakan agenda rutin PSHT Bandarlampung setiap tahunnya. Latihan siswa putih ini merupakan kewenangan cabang sedangkan latihan siswa dari polos hingga hijau merupakan kewenangan pelatih di tempat latihan masing-masing. Tujuan utama dari latihan bersama ini adalah untuk persamaan materi meliputi: senam, jurus, toya, kripen, dan belati. Latihan bersama ini dijadwalkan akan berjalan selama 8 kali latihan termasuk tes warga dan pendadaran. (*EBS)





Posting Komentar

0 Komentar